Breaking News

Tak kunjung dibangun warga Kelurahan Bandengan Swadaya Gotong royong urug Jalan utama

Kendal, JPM,onenews.co.id
Fenomena Banjir Rob yang semakin besar membuat sebagian jalan diwilayah Pesisir Pantai Utara khususnya dikelurahan Bandengan Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal pada hari kamis Tgl 1 Agustus 2024 melakukan Kerja Bhakti.

Rob air laut yang menggenangi Kelurahan Bandengan, Kecamatan Kendal, telah menimbulkan gangguan signifikan terhadap aktivitas sehari-hari warga.

Sebagai langkah sementara, warga setempat bergotong-royong melakukan pengurugan jalan menggunakan tanah Wadas.

Jalan yang diperbaiki merupakan jalan Kabupaten yang menghubungkan beberapa titik penting, termasuk Tempat Pelelangan Ikan (TPI).


Ketua Rukun Warga (RW) 3 Keluarga Bandengan Matalim mengungkapkan bahwa kerusakan jalan, khususnya di bagian depan TPI, telah menghambat aktivitas ekonomi masyarakat.

“Kerusakan parah di jalan yang diurug ini sangat mempengaruhi kegiatan sehari-hari warga,” ujar Mat Alim dengan nada keluh kesah.



 Peran Semua Pihak
Meski pihak terkait telah mengajukan permohonan perbaikan jalan, realisasi pembangunan diperkirakan baru akan terwujud pada tahun 2025.

Dalam situasi ini, warga terpaksa melakukan pengurugan secara sukarela dan menggalang dana yang nantinya untuk biaya pengurugan dengan menggunakan tanah.


Ditempat yang sama Bapak Rozikin selaku Tokoh Masyarakat sekitar menambahkan bahwa donatur yang sudah menyumbang uang, langsung digunakan untuk membeli padas.


Donatur utama adalah warga Kelurahan Bandengan yang mampu, termasuk juragan dan pengepul ikan.

Mereka berharap pihak terkait dapat segera memberikan bantuan untuk mendukung perbaikan jalan yang rusak sepanjang 800 meter ini, agar aktivitas ekonomi dapat kembali berjalan lancar. (Sugiyono)
© Copyright 2022 - JPM ONENEWS